Aku dan Jerawat (2012)

Sabtu, 17 November 2012

Sebagian perempuan tidak hati-hati dalam memilih perawatan kulit wajah. Aku dulu salah satunya :)) Pengen muka kinclong, tapi ceroboh dalam memilih krim yang ditemplokin ke kulit. Udah gitu berharap akan hasil yang instan.

Jaman SMA kulitku normal, cenderung kering, dan jarang banget jerawatan meski tidak telaten merawat muka. Semua berubah sejak kuliah di Semarang. Kondisi kulitku jadi berminyak dan rentan berjerawat.

Nah, berikut produk-produk yang pernah aku pake dari awal kuliah sampe sekarang. Semacam trial and error :))

---

Tje Fuk

Dilabel sebagai krim emak-emak :)) tapi mukaku waktu itu jadi bersih, ngga komedoan, dan ngga kusam pake ini. Btw, produk ini ngga ngandung merkuri dan hidrokuinon, meskipun warna krimnya putih-kuning.



---

Ponds Flawless White

Karena tje fuk walau kecil harganya mahal dan awal kuliah banyak biaya, akhirnya aku ganti pake Flawless White yang lebih terjangkau. Di kulitku bagus, jadi bersemu pink gitu. Setelah hampir setahun pake, kulitku tau-tau jadi gampang jerawatan. Mungkin karena lagi banyak kegiatan, stress, ngga telaten rawat muka, dan lain-lain. Jerawatnya masih bisa ditolerir. Munculnya satu-satu, sembuhnya juga cepat.

Baca juga : Ponds Acne Complete Solution : Pimple Cover & Care Concealer Pen

---

XXX Skin Care

Aku latah karena lihat banyak temen yang mukanya kinclong pake skin care ini. Progresnya cepat, ngga sampai 2 minggu kulit langsung bersih. Tapi, makin lama ngga begitu ngefek. Kulitku makin kusam, apalagi setelah KKN. Sempat berhenti sekitar 3 bulan, terus ada niat untuk melanjutkan lagi.

Eh, abis facial di sana, muka langsung bengep-bengep jerawatan. Seumur hidup baru pertama kalinya mengalami jerawatan yang datangnya keroyokan di hair line, dahi, pipi, dan dagu ;( Fix, sudah ngga cocok.

Baca juga : Tentang "Krim Dokter" (Pengakuan Dosa, lol)

---

Biokos Pure Balance
(hydro gel moisturizer & nourishing gel night treatment)

Hydro gel moisturizer yang pagi hari ngga cocok di aku. Lengket-lengket gimana gitu ya, kulitku jadi kusam. Tapi Nourishing gel night treatment-nya recommended. Pas krim ini dioles di kulit wajah, ada sensasi dingin di kulit. Bangun pagi, muka rasanya kenyal kayak ager-ager. Sayangnya, muka masih kayak kilang minyak dan jerawat juga ngga sembuh-sembuh :'(

---

Biokos White n Clear
(silky white moisturizer, night radiance cream, granular cleansing foam, & radiant whitening essence)

Mungkin di sinilah letak kecerobohanku yang paling parah hahahahah... Udah tau kulit kusam karena jerawat, fokusnya bukan menghilangkan jerawat, tapi mencerahkan muka. Soalnya kulitku bener-bener kusam banget, minyakan kayak teplon, jerawatan, dan bekas-bekas jerawatnya dimana-mana.

Baca juga : Apakah kamu berlebihan merawat kulit wajah?

Oh iya, silky white moisturizernya luar biasa ^^; cepat meresap dan ngga bikin mukaku jadi makin berminyak. Cleansing foamnya biasa aja menurutku. Radiant whitening essence dan night radiant cream juga lumayan. Repot sih essencenya mesti campur-campur bubuk yang di kapsul dan krim yang di botol.

Bangun pagi muka agak cerah, ngga minyakan, dan halus kayak pake bedak tabur bayi. Tapi ya gitu, walau lumayan cerahan, tapi mukaku tetep jerawatan parah. Yayalah, jerawatnya butuh disembuhin malah pake produk whitening :))

---

Vitacid 0,025% dan 0,05%

Berbekal semangat menyembuhkan jerawat semuka, aku memberanikan diri melewati masa-masa purging bersama vitacid hihihi. Yang namanya purging itu bener-bener menguras hati. Mau kemana-mana males karena jerawat mateng semua. Sampai mukaku dikatain korengan, karena bekas jerawat dimana-mana. Tapiiiiii... Akhirnya muka jerawatanku sembuh dooong pake vitacid ini. Jerawat munculnya udah ngga semuka, tapi satu-satu doang sekarang. Paling pas pms.

Baca juga : Review Vitacid 0,025% dan 0,05%


---

Melanox Premium
(Cream dan Serum)

Setelah muka udah reda jerawatannya, aku cari produk untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam. Hmmm... Perasaanku aja apa produk ini emang ada shimmernya?

Melanox Premium ini bagus lho buat menghilangkan noda jerawat ^^ Sayangnya, kulit mukaku jadi berminyak banget pake Melanox Premium. Serum dan krimnya juga bikin celekit-celekit sekitar 5 menitan setelah diolesin ke kulit (mungkin karena saat itu kulitku masih sensitif). Akhirnya aku putuskan untuk berhenti.

Baca juga : Review Melanox Premium formula baru

---

Tje Fuk (lagi)

Aku coba pake Tje Fuk lagi hehe. Tje Fuk membantu mencerahkan kulit mukaku, meski day creamnya bikin komedoan. Tiap pake night cream, ada rasa celekit-celekit di kulit sekitar bibir dan pipi. Padahal dulu ngga lho :'(( ngga tau kenapa, sejak break out, mukaku jadi rentan banget.

Baca juga : Review Tje Fuk Whitening Day & Night Cream

---

The Skin Food Tomato Whitening Series

Setelah browsing kesana kemari, aku coba TSF Tomato Cream, Serum, dan Sunblocknya. Walau ada embel-embel whitening, tapi aku ngga dapet efek whitening itu. Secara, kulitku aslinya juga ngga "putih" hehehehe.

Skin care ini ringan banget dan hasilnya bertahap (ngga instan). Ngga bikin celekit-celekit di kulitku. Noda bekas jerawat pelan-pelan memudar. Kulit jadi kenyal dan ngga bikin break out.

Baca juga : Review TSF Tomato Whitening Series | Review TSF Tomato Sun Cream


Noted!
Biasanya aku mengistirahatkan kulit wajah (puasa skin care) sekitar seminggu sampai sebulan sebelum mengganti ke skin care yang baru. Selama itu, ya paling cuma pake sunblock dan masker, atau pake krimnya diselang-seling sehari pake sehari ngga, baru abis itu bener-bener stop.

---

Terus maksudnya apan sih ngurutin produk yang udah kamu pake? Bzzz...

Yaa sebagai gambaran trial and error yang aku lewatin. Dari jaman aku yang bodo amat sama yang namanya perawatan, korban iklan, salah milih skin care, pake skin care yang ngga sesuai dengan kebutuhan kulit, sampai akhirnya sekarang jadi hati-hati banget dalam memilih produk apa yang aku pake.

Setelah mengalami break out parah selama kurang lebih setengah tahun, aku menyadari pentingnya pengetahuan mengenai perawatan kulit dan produk-produk kecantikan yang kita gunakan.

Baca juga : Tipe dan Kondisi Kulit (+++ Tips & Info Lainnya)

Dulu, aku termasuk orang yang latah dan gampang banget tergoda. Ada teman yang kulit mukanya mulus pake produk X, aku coba pake juga. Padahal, kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing orang itu berbeda. Apa yang cocok di orang lain, belum tentu cocok di kulit sendiri. 

Beruntunglah sekarang informasi gampang banget diperoleh. Sebelum membeli produk skin care tertentu, aku mempelajari kandungan aktif produk tersebut dan review produk dari orang-orang dengan karakteristik kulit yang sama dengan aku di internet (beauty blog).

Sebisa mungkin, aku mulai membiasakan mereview produk. Soalnya review produk skin care itu bermanfaat banget. Seenggaknya membuat orang lain jadi lebih aware tentang produk yang akan mereka beli, terutama bagi pemilik kulit sensitif, sangat kering, dan acne prone.

Pemilik kulit yang bermasalah lumayan susah lho dapetin produk yang cocok. Trial and errornya ngga seadem ayem sebagian besar orang. Salah satunya ya kayak aku ini. Ada juga orang-orang yang kulitnya sensitif dengan produk-produk skin care atau kosmetik yang menggunakan parfum, alkohol, paraben, dan lain-lain. Ngga heran kalau banyak beauty blogger yang concern banget mengenai ingredient di tiap review produknya.
Apa produk-produk yang bikin kulitmu kusam itu berarti ngga bagus / not recommended?

Seperti yang sudah aku jelaskan tadi, kebutuhan dan kondisi kulit tiap orang itu berbeda. Yang bagus di aku, belum tentu bagus di kamu. Yang bikin kulitku kusam dan jerawatan, belum tentu berefek sama ke kamu. Yang ngga cocok di aku, belum tentu ngga cocok di kamu.

Lagian, kulitku kusam dan bermasalah kan karena saat itu masih doyan coba-coba dan belum bisa memilih skin care yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. 

Oh iya, cara mengatasi dan merawat kulit yang break out yang tepat pun masing-masing orang pasti berbeda. Jadi, aku ngga bisa bilang kalau caraku yang paling benar.

Kalau patokan bagi mereka-yang-komentar kulit cantik itu adalah kulit yang putih, bagi aku patokan kulit cantik itu adalah kulit yang sehat. Kulit putih belum tentu cantik (apalagi putih karena tergerus merkuri hiiiy), tapi kulit yang sehat pasti cantik.

Baca juga : Kulit putih belum tentu cantik

Walau kelihatannya rempong dan ribet, tapi aku menikmati rutinitas merawat dan menyembuhkan kulitku (terutama wajah). Mungkin hasil jangka pendeknya ngga begitu kelihatan, tapi aku yakin untuk jangka panjang kulitku jadi lebih sehat ^^. Dinikmatin aja prosesnya.

Maaf, disturbing picture (^^;) tapi ini yang paling mendingan.
Ni foto perubahan kulitku pas udah mau sembuh (menggunakan vitacid)
A atas: Jerawat sudah kering. Tapi, bakal jerawat baru siap muncul ke permukaan kulit dahi.
A bawah: Tinggal bekas jerawatnya saja. Sudah ngga muncul bibit jerawat baru.
B atas: Kulit hidungku lebih gelap. Di cuping hidung bagian kanan dan kiri perih banget. Gatau deh itu luka atau apa.
B bawah: Akhirnya "kulit luka" itu jadi kering banget, ngelupas, ngga perih lagi, dan warna hidung akhirnya rata

Pesan yang ingin aku sampaikan (ehm) antara lain:
  • Kenali tipe kulit dan hal-hal yang memicu alergi pada kulit agar bisa memilih skin care yang aman dan tepat.
  • Pernah dengar you are what you eat? Kondisi kulit dapat mencerminkan apa yang kita makan.
  • Jangan mudah tergoda dengan skin care atau make up yang digunakan orang lain dan belum tentu cocok di kulitmu. Cari yang sesuai untuk kondisi kulitmu.
  • Gunakan produk yang aman.
  • Harga memang ngga bohong. Tapi, balik lagi ke cocok-cocokan. Mau harganya sejutaan, tapi kalo ngga cocok di kulit kita... ya ngga perlu ngotot untuk nerusin pake hanya karena gengsi.
  • Kalau sudah cocok dengan produk skin care tertentu dan keamanan produk tersebut terjamin, sebaiknya ditelatenin, daripada gonta-ganti malah jadi break out.
  • Kenali kandungan aktif yang terdapat dalam produk skin care yang kamu gunakan.
  • Kurangi penggunaan kosmetik, biarkan kulit "beristirahat" saat sedang bermasalah.
  • Banyak minum air putih.
  • Sebisa mungkin pola tidur dan makan dijaga.
  • Olah raga.
  • Manfaatkan waktu tidur yang berkualitas antara pukul 9 malam sampai jam 7 pagi.
  • Stress dapat memicu munculnya jerawat lho. Rawat dirimu dan jalani hari dengan hati yang riang gembira hahaha.

***

Pokoknya tetap semangat buat teman-teman yang sedang survive menghadapi kulit yang bermasalah. Thanks for reading and have a nice day.

Konsultasikan problem kulit yang parah di dokter.

Silakan baca juga artikel...

15 Gosip Seputar Jerawat

Reaksi Kulit terhadap Produk Skin Care = Purging?

Purging atau Ngga Cocok? (Review Mediklin TR)




106 komentar on "Aku dan Jerawat (2012)"
  1. Wah wah, mantep riviwnya. Ane cowok sis. Tp sibuk lg nyari obat ngilangin bekas jerawat.
    Mau nyobain melanox premium tp masih ragu setelah baca riviewnya :hammer

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo gan,
      sebenernya shimmernya dikit kok dan itu yang bikin muka keliatan jadi cerah dan glowing..
      kalo diliat sepintas ya muka ngga kayak bola disko kok hahaha(^^)

      untuk menghilangkan noda melanox premium ini bagus gan, lumayan cepet ilangin noda kalo dipake teratur.

      btw, melanox bikin celekit-celekit karena mukaku emang sensitif, jadi aku putuskan untuk berhenti.

      \(^^)/ semoga cepet kinclong gan mukanyaa

      Hapus
  2. Hai sis, salam kenal yaa. Numpang curhat juga yah krn sama banget nih aku juga doyan coba-coba ^^. Tapi bedanya waktu aku coba-coba kemaren nekat tanpa coba cari tau dulu produknya sama sekali, main ikut-ikutan pake produk yang temen pake.

    Awalnya dari SMP aku jerawatan cuma hormonal aja, timbul satu-satu kalo si bulan mau datang. Awal kuliah juga bersih, aku masih pake produk-produk pasaran macem ponds, biore, tje fuk juga pernah dan no problemo. Sampe akhirnya mulai agak banyakan dikit waktu awal semester 5, mungkin krn desperado sama tugas yg membanjir kali yah.

    Akhirnya ikutan temen buat konsul ke salah satu dokter kecantikan di daerah jakarta timur. Lumayan deket kampus, biayanya masih manusiawi ga bikin kantong bolong dan so far mukaku membaik. Aku setia di situ sampe hampir 2 taun.

    Tapi dasar ga ada puasnya, akhirnya aku pindah ke dokter kecantikan lain di daerah jakarta utara krn menurut aku waktu itu muka masih kusam, sering jerawatan walau ga banyak dan sempet skip pake perawatannya krn lupa beli stock waktu KKL ke luar kota. Walhasil jrewi-jrewi datang keroyokan lg. Di situ aku cuma bertahan beberapa bulan krn ga terlalu 'ngefek' hasilnya dan lumayan mahal jg.

    Terus aku mulai coba-coba pake krim yang dipake temenku yang ga jelas asal-usulnya. Mulai dari krim dokter Bandung sampe yang terakhir aku malah nekat pake krim ADHA yang dijual di internet. Walhasil jrewi-jrewi cetar membahana keluar semua rata semuka hikssss...

    Finally aku memutuskan buat konsul ke poli klinik RSCM aja atas rekomendasi temen kampus Desember 2012 kmrn. Sama dokternya aku diresepin untuk siang hari pake Medi-Klin gel dioles ke seluruh wajah (krn kondisinya jrewi aku rata semuka) dan Acuatim untuk jrewi yang gede-gede sama Vitacid 0,05% buat malem dioles ke seluruh wajah.

    1 minggu pertama belum ada perubahan signifikan, jrewi masih nongol dan ga ada pengelupasan sama sekali. Masuk minggu ke 2 jrewi masih nongol dan mulai ada pengelupasan di sekitar wilayah bibir, kaya ada rumbai-rumbainya gitu LOL. Pertengahan sampe akhir Desember aku pulang kampung dan di situ keadaan mukaku tambah parah! Mungkin itu aku lagi masa purging dan keadaan cuaca sm air yang beda bgt kaya di Jakarta. Tapi aku pasrah aja, stay cool ^^

    Akhirnya awal Januari aku kontrol ke RSCM. Dokternya rada bingung krn sebelumnnya jrewiku banyak tp kecil-kecil. Terus dokternya ngasih tindakan KIL (suntik jerawat) dan bersihin komedo. Aku udah pasrah aja krn pasti sakit dan lama tp ternyata sebentar dan ga terlalu terasa sakitnya! :D Terus aku dikasih obat minum juga namanya Doxycycline.

    2 mingguan aku masih purging dan sempet suntik jrewi juga ke dokter kecantikan lain krn poli kulit RSCM tutup pendaftarannya cuma sampe jam1 jd aku ga sempet kesitu. Aku suntik jrewi hampir semuka karena full jrawat batu dan sakit bangettt cekit-cekit T.T

    Masuk ke minggu akhir Januari, sepertinya jrewi-jrewi udah mulai minggat ga nongol lagi, yippiiiiiiii ^^ Aku akhirnya stop pake medi-klin dan akuatim, tapi Vitacid masih aku lanjutin sampe sekarang. Kondisi mukaku sekarang udah ga timbul jrewi lagi, cuma krn bbrp hari kmrn aku tidur telat terus jadi timbul jrewi satu-satu tp ga sampe 3 hari langsung binasa kok gara-gara Vitacid ^^

    Besok baru mau kontrol lg ke RSCM krn masih berjuang dengan bekas jrewi yang masih merah-merah dan bolong di beberapa titik hiksss, semoga bisa segera pulih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Bella...
      Salam kenal jugaa :D

      Kurangnya pengetahuan dasar tentang skin care dan kulit itu memang menjadi problem di masyarakat kita. (^^)
      Awal aku bener-bener serius ngeblog 4 bulan terakhir ini pun karena aku pengen berbagi informasi untuk orang-orang yang mengalami masalah kulit (kurang lebih) seperti yang aku alami.

      Waktu mengalami break out, aku bener-bener blank gatau mesti ngapain.
      Aku udah bener-bener skeptis sama yang namanya pusat skin care, apalagi yang dokternya ga kompeten...
      Makanya walau ibuku udah nyuruh aku ke dokter, ya ngga aku turutin...
      Soalnya dulu aku takut banget mukaku celekit-celekit "disakitin" (lagi) sama terapis/dokter dan break out (lagi).
      Terlanjur trauma mungkin yaaa.

      Aku salut dengan kamu yang akhirnya memutuskan untuk berobat ke dokter dan berani disuntik.
      Woooww! :O
      Beda dengan aku.. (._.)

      Sebelumnya aku coba ngatasin jerawat tanpa bekal pengetahuan yang memadai dan justru malah memperparah jerawatku. (^^)
      Sampe akhirnya aku nemuin blog yang review tentang vitacid dan ternyata it works well for me too...

      Sekarang kondisi kulitku udah lebih baik daripada tahun lalu, meski jadi sensitif banget hiks.
      Btw, mukaku juga ada "bolong-bolong" bekas jerawat ni hahaha

      Semangat ya beeell,
      Semoga kulit wajahmu bisa cepet kinclong dan sehat kembali ;D
      Terima kasih banyak udah mau berbagi pengalaman di sini :D
      Good Luck!

      Hapus
  3. hai..nama aku nadia dr malaysia...dalam tulisan kamu td kamu nyatakan kamu prnh ye try a-dha skincare?gmana hasilnya?enggak cocok sama kamu ya?aku ingin skali try adha itu tp enggak brani...jdnya skrg ini tanya2 lg sama org yg prnh coba adha...bole x kamu reply di email aku nnt? N_dhea@yahoo.com mohon jasa baik kamu ye utk reply=)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nadia, salam kenal (^^)
      Yang menggunakan krim A-DHA itu bukan aku, melainkan visitor blog yang meninggalkan comment di postingan ini.
      Thanks for stopping by :D

      Hapus
  4. Hai ka :)
    akuu juga punya pengalaman yg sama , aku jadi korban iklan udah berobat sana sini tapi tetep aja jerawatan sekarang mukaku tinggal bekas jerawatnya aja dan ada bintik bintik gtu pas mau dapet muncul lagi deh , sering deh kalau lagi ngaca aku suka nangis :'( sama dokter, aku dianjurin memakai melanox cream tapi setelah search di internet tentang itu , banyak yg bilang hasilnya bagus tapi ada efek sampingnya , aku takuut pakenya , soalnya muka ku sekarang sensitif bgt dan alergi sama yg berlemaklemak :'( gimana yah cara ngilangin bekas jerawatnya ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo salam kenal yaa,
      selama pemakaiannya diawasi dokter (yang notabene udah kompeten), aman-aman aja kok :D Toh bukan untuk pemakaian jangka panjang. Setauku hidrokinon berbahaya kalo digunakan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kalo dipake sampe noda itu pudar, apalagi dalam pengawasan dokter, ya jelas aman :D Misal nodanya pudar kan langsung berhenti pake melanoxnya hehehe. Kamu tanya-tanya aja tentang efek samping, kontraindikasi dll sama dokternya biar lebih yakin ;D

      Oiya, melanox premium yang aku posting ini yang skin care harian, ngga mengandung hidrokinon. Kalo yang biasa diresepin dokter itu melanox krim yang kemasannya kayak odol kecil kan ya? :D

      Yang sabar yaa, semoga cepet kinclong kulitnyaa :*

      Hapus
    2. Aku belum coba beli ka , kayanya sih iya yang bentuknya kaya odol gtu , aku search internet efek sampingnya itu gatelgatel sama kemerahan
      amin yaallah , terimakasih kaka ;)

      Hapus
  5. hai salam kenal :)


    aku juga mengalami masalah jerawat ni,
    aku pernah pake krim dari dokter dan masalah jerawataku selesai tp sempet beberapa hari aku lupa pakai krimnya dan kulitku jadi kasar bruntusan dan muncul jerawat. lalu kata dokter suruh lanjutin pemakaiannya terang saja langsung sembuh tp aku sengaja gak pake seminggu kulitku jadi kasar bruntusan lagi. lalu aku ganti dokter 1bulan pertama langsung halus kulitku tp aku perlakukan seperti sebelumnya dan kulitku beruntusan.


    akhirnya aku gak pakai semua krim dokter, lalu aku pakai bless resurfacing tp ternya dengan kondisi muka yg lg jerawat kurang bekerja lalu aku ganti pake the history of whoo hwahyun lumayan mukaku sudah gak kasar dan bruntusan (bukan jerawat). malam aku pakai whoo, dan siang pakai lotion hadalabo goku tp di hidung jd byk komedo. sekarang masih pakai whoo dan karena desperate pake juga tuh lotin jerawat sariayu but not works on me. jerawatku bukan jerawat tipe pustule yang ada ada puncak putihnya itu tp seperti beruntusan kalo aku baca di http://www.thelovevitamin.com sih itu whiteheads yang dulu aku salah artikan sebagai komedo. sekarang sih masih bingung cari skincare yg cocok, masih pny stock bless, whoo, sm baru beli sophie martin perfect skin night treatment -____-

    i don't know what to do

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga :D

      Aku juga pernah mengalami masa-masa udah ngga tau mesti ngapain :'( I know that feeling sista...

      Masalah kulit kadang ngga karena faktor eksternal aja sista, tapi bisa jadi karena faktor hormon, pencernaan, dll.

      Coba sista searching-searching tentang detoksifikasi untuk ngeluarin toksin dan
      ampas-ampas metabolisme. Karena "ampas-ampas" yang tertinggal di tubuh bisa jadi penyakit dan masalah kulit :D Jadi ngatasinnya ngga cuma dari luar, tapi dari dalam juga.

      Detoks yang paling simple itu puasa (seminggu sekali misalnya), banyak makan makanan berserat, sayur, buah, minum teh hijau (tanpa gula), dan lain-lain. Dari pengalamanku, ini ngefek banget sist :D Mulai tahun lalu, aku biasain mengurangi minum air dingin, minum air putih minimal 2,5 liter per hari, dan coba detoksifikasi. Kondisi kulitku jadi lebih baik sist :D

      Semoga cepet kinclong kulitnya sistaa :D amin amin amin.

      Hapus
  6. Halo mbak salam kenal :)
    Aku mahasiswa semester 4 , dulu pas SMA mukaku fine-fine aja cuma pke pelembab sama pembersih muka Garnier. Sekarang rajin facial sebulan skali, nyobain masker (gara2 korban iklan) kok malah jadi jerawatan gini ya. Hiks. Maunya si lebih kinclong. Eh skrg jadi kusem ama jerawatan mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga salam kenal :D
      Waa aku ngga tau deh itu karena facialnya atau karena maskernya :( maaf yaa ngga bisa bantu hiks...

      Coba kamu inget-inget lagi, apa kamu lagi dalam masa-masa stres (banyak pikiran), apa kurang bersih bersihin kulit wajah, apa ada kandungan dalam produk yang kamu pake sekarang yang ngga cocok di kulitmu, apa tempat facialnya menggunakan alat-alat yang steril, pola makan dan tidurmu bagaimana, dan lain-lain.

      Kalau aku sekarang, kulitku jadi kusam karena pola hidupku yang lagi ngga teratur (jam tidur dan makan berantakan banget), stres, dan pms.

      Semoga kamu cepet kinclong dan cerah yaa kulitnyaa :D amiiiinn.

      Hapus
  7. mba salam aku lagi diradang jerawat ni bermula liburan semester kemaren ga gurus muka jadi sampe sekarang
    tiap malem udah minum teh hijau loh sama madu aku juga puasa dau (sehari puasa sehari ga ) ada masalah dimana lagi ya :( aku juga ga berani pakek produk sembarang kecuali yang sudah ber SH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo :D salam kenal yaa...

      Aku pun awal-awal ngerubah pola hidup juga masih jerawatan dan kusam. Lamaaaaaa banget baru kerasa perubahannya (hampir setahun). Kuncinya tetep sabar dan telaten, biar kita ngga gegabah ngatasin jerawat :D

      FYI dengan kamu minum teh hijau, madu, dan (bagusnya lagi plok plok plok *tepuk tangan*) kamu puasa daud, yang artinya kamu laksanain detoksifikasi. Fungsi detoksifikasi buat ngeluarin racun-racun dalam tubuh kan yah, nah.. salah satu "cara kerjanya" itu bikin bibit jerawat yang mendem jadi keluar semua CMIIW xD

      Kulit adalah cerminan kondisi internal tubuh kita. Pilih mana hayoo, jerawatnya dipiara di bawah permukaan kulit atau dimatengin? hehehe...

      Teruuuuuss, ini beberapa pertanyaan yang dulu aku tanyain ke diriku sendiri saat aku lagi gegalauan what-should-I-do masalah kulit muka.... :D

      Udah rutin olahraga? Minum air putih minimal 2,5 liter per hari? Udah kurangin makan makanan yang ber-msg snack/mie instan dll)? Udah banyak makan sayur dan buah?

      Kualitas air di rumah bagaimana? Kapan jerawat itu bertambah, pas pms/stres/dll? Cara bersihin mukanya gimana, udah tepat belum? :D

      Handuk buat wajah dan badan udah dipisahin? Sebelum cuci muka atau pake pelembab tangannya udah bersih belum? Sering megang-megang wajah dengan jari yang ngga bersih? :D

      Apa aja komposisi produk skin care yang dipakai, sesuaikah dengan kebutuhan kulit yang sedang berjerawat? Udah rajin pake sunblock/sunscreen minimal spf 15? Sering makan makanan yang berlemak atau gorengan? :D

      Semoga membantu yaaa :D
      Semoga cepet kinclong clong kulitnya :* amin amin amin

      Hapus
    2. aaah mba maaf ya aku baru buka lagi hehehe :)
      sekarang pola makanku ga keatur deh :( efek jd gembel daerah orang ehhehee
      tapi udah agak mendingan ini pakek sariayu lagi treatmen kayu manis sama madu kalai aja ada hasil ehhee

      Hapus
    3. aku juga belakangan ini pake kayu manis buat ngatasin jerawat :D tapi aku tambahin tepung beras dan kunyit biar ga celekit-celekit heheheh xD

      Sukses yaaa treatmentnya ;D

      Hapus
    4. baru kepikiran deh mba jangan2 jerawtku ga hilang gara2 hobykun minum teh hijau karena kafein juga menimbulkan jearawat dan menganggu pola tidur juga :)

      Hapus
    5. Setau aku, teh hijau bakal bikin susah tidur kalo diminum sebelum tidur dan mengurangi nafsu makan kalo diminum sebelum makan. Maka dari itu, minum teh hijau itu dianjurkan di sore hari, ngga boleh berlebihan (1-2 hari sekali, segelas kecil atau sedang) dan mesti tepat cara minumnya :D

      FYI kafein dalam teh hijau itu ngga sebanyak kopi atau teh biasa :D jadi menurutku pinter-pinternya kita aja gimana konsumsi teh hijau dengan tepat supaya yang kita dapet ya manfaatnya, baik untuk kulit khususnya dan kesehatan kita secara keseluruhan.

      Baca postingan ini Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Teh Hijau :D

      Coba kamu cek area wajah mana yang paling rentan kena jerawat. Dari situ juga bisa diketahui penyebab jerawat. Misal jerawat di dagu dan sekitar rahang itu karena masalah hormonal, seperti stres, pms;

      dahi itu biasanya karena masalah pencernaan, kelebihan zat lemak, atau karena rambut yang ngga bersih;

      di pipi biasanya karena ga bersih bersihin muka, sarung bantal dan sprei ga bersih, masalah pencernaan, skin care/kosmetik yang ga cocok, dll;

      di hidung itu karena gangguan pencernaan dan sirkulasi darah yang ga lancar misal dibarengi dengan kulit terkelupas.

      Oh iya, kualitas air dan udara lingkungan juga berpengaruh banget sama kondisi kulit :D

      Semoga membantu yaa :D

      Hapus
    6. aaaah dear emang aku kalau minum teh hijau pas mau tidur salah total deh :( jerawatku dijidat nih kamu tau kenapa penyebabnya?

      Hapus
    7. xD yaitu tadi yg udah aku sebutin di atas... Biasanya karena ada masalah pencernaan, shampoo ga cocok, rambut ga bersih, atau kelebihan zat lemak (baiknya kurangi makan-makanan berlemak dan gorengan) :D

      Hapus
    8. aaaaah iya banget kamu :) sepertinya harus sbar :((

      Hapus
  8. Salam kenal...sekarang lagi sedih banget, gara gara ga cocok perawatan di salah satu dokter di malang mukaku jadi kluar jerawat keci kecil rata di pipi kiri kanan..truz aku googling,nemuin vitacid..aku pake yang 0.05, jerawat kok jadi banyak yang kluar ya?mateng2 gitu..aku pake baru 12 harian...kok jadi banyak yang muncul...minta sarannya ya jeng...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, salam kenal juga.

      Kalo pake vitacid emang seperti itu :D jerawat yang sebelumnya ngga ada, malah keluar dan makin menjadi. Kondisi kayak gitu yang dikenal dengan purging. Biasanya purging dialami sama kulit yang bermasalah banget, jadi bibit-bibit jerawat yang ada di bawah permukaan kulit keluar (mateng) semua. Kulit pun jadi kering dan ngelupas. Aku juga sempet putus asa, hopeless... Tapi disabar-sabarin aja sis :D sekarang kondisi kulitku jauh lebih baik.

      Saranku banyak minum air putih, kurangi makan yang berlemak dan gorengan, olahraga, dan perhatikan sabun pencuci muka. Biar aman, waktu pake vitacid aku cuci mukanya pake oatmeal.
      Klik link ini
      Cuci Muka Pake Oatmeal

      Tentang vitacid udah ada postingannya sendiri.
      Klik link ini vitacid 0,025% dan 0,05%

      Hapus
  9. Kira2 pemakaian vitacidnya brp lama y?br minggat smw jerawatnya...sumpah jadi ga PD mw kluar2.. Hikz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung :D Kalo dari pengalaman orang-orang dan pengalamanku pribadi, bulan pertama emang diwarnai dengan purging, bulan kedua-ketiga baru deh jerawat munculnya ngga keroyokan dan jarang banget muncul.

      Hasil terbaik diperoleh dengan pemakaian sekitar 6 bulan :D Tapi kalo aku, pas jerawat udah berenti (ngga nyampe 6 bulan), ngga aku lanjutin, my bad xD Aku ganti skin care untuk memudarkan noda bekas jerawatnya hihihi.

      Hapus
  10. hai sai..waktu pake vitacid kosmetiknya di stop kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga saai ^^ yup waktu itu aku stop pemakaian kosmetik. No foundation, no bb cream. Dulu, kalo ada acara, aku cuma pake bedak tabur bayi, tapi belakangan aku stop karena nyumbat pori-pori. Akhirnya aku pake bedak dari acnes, brand yg emang khusus buat kulit berjerawat ^^ Sejauh ini ngga masalah, malah lumayan bantu ngeringin jerawat hehe.

      Kalo berkegiatan harian yang mewajibkan untuk menggunakan kosmetik sebaiknya cari yang aman untuk kulit yang rentan berjerawat ^^ pas bersihin make up, juga mesti bener-bener bersih, biar ngga memperparah jerawatnya.

      Hapus
  11. hai mbaa.. aku selena, mau tny nih :) mba kan uda pernah pake ponds flawless white, nah hasilnya gmn? bisa ngilangin bekas jerawat ngga? soalnya diiklannya gt (haha korban iklan :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo selena ^^ salam kenal yah...
      Hasilnya bagus, muka jadi merona pink. Kalo dari pengalamanku, ngandelin night+day creamnya doang buat ngilangin bekas jerawat itu lamaaa. Dulu karena ngga sabaran dan gregetan liat bekas jerawat, aku pake spot serumnya juga ^^ lumayan cepet, kurang lebih sebulan bekas jerawat udah mulai samar.

      Hapus
  12. Hai kaka,, nama aku tihan ..
    Mau curhat juga nih soal jerawatku yg menyebalkan ini,,
    Aku sekarang sma kelas 2,,
    Dulu waktu smp sampe kelas 1 sma aku pake obat usulan temen mamaku yg merk-nya itu ga di ketahuin ka,, blangnya sii itu resep dri dokter dan bnyak artis yg pake. Seperti syahrini / melley goeslow,, aku mengalamin perubahan yg sangat baik,, mukaku bersih dan kinclong tanpa jerawat sedikitpun terkecuali pas PMS aja hehe :D

    Nahh disini lah ka,, letak kekecewaan ku pada obat cream tersebut,, semenjak mamaku tidak membelikan obati itu lagi karna mukaku jd putih bnget kaya mayat, hehe
    Mamaku putuskan untuk berhenti aja pake obat itu.

    Sampai pada akhirnya,, setelah aku menggunakan bnyak obat bermacam merk dr yg murah sampai yg mahal mukaku jd parah, penuh jerawat dan kusam serta hitam bngett dehhhh -_-"
    Aku dr pake merk" yg pasaran sampe yg di online aku cobaain smuanya,, :( yg ada sekarang kulit aku parah bnget kakak ...

    Kira" kaka ada solusi ga bwat aku biar muka aku kinclong tanpa menggunakan cream" yg ketergantungan,, dan mudah di peroleh ...

    Mohon bantuannya kaka ... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Tiha :D salam kenal yaa
      :'( turut berduka buat kondisi kulit kamu yah...

      Kamu udah baca postinganku yang ini? Klik link Perawatan dan Skin Care Berbahaya

      Aku curiganya kamu pake krim gajebo yang mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya yang ngga bisa digunakan dalam jangka lama :( karena gejala dan keluhan yang kamu alami, serta pengalaman menggunakan krim yang ngga jelas produsennya itu kurang lebih sama dengan yang dialami orang-orang yang sebelumnya menggunakan krim bermerkuri :'(

      Coba kamu klik 2 link ini
      Fanpage Facebook : Berbagi informasi tentang Krim racikan abal-abal ngga jelas dan berbahaya

      Tips Cerdas Belanja Produk Kecantikan Agar Tidak Membeli Kosmetik/Skin Care Berbahaya

      Solusi yang aku saranin adalah segera ke dokter kulit yang bener-bener kompeten dan terpercaya mutunya di kota kamu. Karena kulit kamu sangat butuh pengobatan dan penanganan secara medis oleh dokter.

      Hope everything's gonna be fine :')
      Semoga kulit kamu bisa kinclong kembali amin amin amin
      Semangaaaatt!! *Peluk cium dari jauh*

      Hapus
  13. Aku pernah ngalamin kamu kyk gitu. bruntusan dan kering kyk nenek2 gara2 abis pake sariayu pelembab.
    akhirnya pas setelah kedokter, kulitku g bs pke yg aneh2.
    akhirnya disarankan pelembab muka pake cusson baby cream yg cup, sabun cuci muka pke sabun batang bayi, bedakpun bedak bayi.
    Alhamdulillah sampai sekarang g pernah lagi bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa syukurlah ya :D

      Kalo sekarang mukaku udah mendingan walo ngga separah tahun lalu. Tapi jadi lebih ati-ati milih skin care dan emang yang banyak membantu pemulihan adalah rutin maskeran pake resep tradisional (kunyit+madu) dan perbaikin pola hidup :D

      Hapus
  14. kalo pake vitacid buat ngilangin noda jerawat doang bisa g??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa :D tapi agak lama.

      Btw, jerawat yang dari awal kemunculannya udah dipakein vitacid, ngga diutak-atik, dan ngga dipencetin biasanya ngga meninggalkan bekas sama sekali :D

      Hapus
  15. Hey...
    kalo mediklin bikin purging parah nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey juga :D

      Parah atau tidaknya itu tergantung seberapa bermasalah kulitmu atau seberapa banyak bibit-bibit bakal jerawat yang mendem di bawah permukaan kulit.

      Purging itu sebenernya bukan momok yang menakutkan karena sifatnya individual banget. Kulit yang tidak begitu bermasalah biasanya ngga mengalami purging yang parah, bahkan ada juga lho yang ngga mengalami purging sama sekali (langsung kering dan sembuh gitu jerawatnya) :D

      Oh iya, sebaiknya saat melakukan treatment luar, juga ditunjang dengan pola hidup sehat untuk mempercepat penyembuhan :D

      Hapus
  16. hallo kak aku fanny di surabaya mau tanya kak vitacid cowo sama cewe beda ya ? terus di apotik ada ? berapaan ? hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo fanny, salam kenal yah :D

      ngga ada bedanya :D vitacid itu salep obat, yg beda itu kadar retinoic acidnya, ada yang 0,025%, 0,05%, 0,1%. Hampir semua apotik jual kok. Harganya lupa, kalo ga salah sekitar 30ribuan :D

      Hapus
  17. Mbak Hanitis yang baik hati, makasih banyak ya udh mau share pengalamannya..
    Aku udah cukup desperado sama kondisi kulit aku yg jerawatan mulu..hihi..udah nyoba pake ponds flawless white, ponds clear solution, gasembuh-sembuh..Skrg aku pake tje fuk, 2 bulan pemakaian lumayan keliatan, tapi setelah itu malah muncul jerawat gede2.. T.T dan kl diraba, dibawah kulit ada bruntus-bruntus kaya yg mbak Hanitis pernah alami..:(

    Aku tertarik banget pake Vitacid, pertanyaan aku:
    1. Untuk pemakaian awal, aku pake vitacid 0,025% setiap malem sampai kapan ya?
    2. Sebelum pakai vitacid ini aku perlu mengistirahatkan wajah aku brp hari?
    3. Saat jerawatnya udh membak, pemakaian vitacidnya kan jadi selang-selang ya? Di interval waktu selang-selang itu, mbak pakai krim malem apa?

    Maaf bgt yah pertanyaan aku banyak, terima kasiih dah dibaca.. :)
    Semoga sukses selalu.

    Kristy, Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo kristy yang cantik :D salam kenal yah
      btw maap ni baru bales x( modemnya baru isi lagi hahahaha

      saranku yang pertama sih jangan stres yah ngatasin kulit berjerawat. soalnya stres bisa micu jerawat, dan percaya ga percaya, jerawat itu makin dipikirin malah makin jadi lhooo.. jadi sabar dan yakin aja kalo kulit kamu cepat atau lambat bakal membaik saay heheheh... pokoknya pasang mindset kalo kamu itu tetep cantik dengan atau tanpa jerawat, okesip x))

      kalo kulit yang berjerawat sebaiknya hindari dulu skin care yang ada agen pencerah dan pemutihnya. pake skin care yang sesuai kebutuhan kulit kamu yg sedang berjerawat, karena takutnya malah memperparah >.<

      1. wah, kalo sampe kapannya gatau say :D soalnya tiap orang beda-beda masa penyembuhannya. ada yg melalui masa purging, ada juga yang ngga. biasanya kalo kulit kamu ga gitu bermasalah penyembuhannya bisa cepet sekitar sebulan, jerawat udah bersih. tapi kalo yg seperti aku kira-kira 3 bulanan lebih sampe jerawat akhirnya terkontrol.

      2. kalo aku biasanya seminggu-dua mingguan udah cukup. tapi selama masa itu tetep cuci muka dan eksfoliasi kulit mati, maskeran, trus pake sunblock (antara jam 10 pagi dan 3 sore) kemana-kemana. pembersih dan eksfoliator yang recommended untuk kulit bermasalah itu oatmeal ^^ udah pernah aku post di link ini -->
      Cuci Muka Pake Oatmeal

      3. kalo dulu aku macem-macem pake pelembabnya. dari mulai minyak biji anggur sampe aloe soothing gel gitu. intinya cari yg aman untuk kulit berjerawat, ga ngandung mineral oil yg bisa nyumbat pori, ga ngandung bahan pencerah dan pemutih, teksturnya ga lengket. btw yg aku lembabin bagian yang kering aja (vitacid itu bikin kering area tertentu, sampe kadang rada ngelupas gitu saking keringnya), ngga diolesin semuka, yg ada malah makin berminyak. oiya hada labo gokujyun krim juga kandungannya aman :D

      iyaaaah saay gapapaaaa
      sama-sama ^o^ sukses selaluu jugaaa
      good luck, smoga cepet kinclong kulitnya amin

      Hapus
  18. mbak.. wajahnya bisa mulus gt bekas jerawatnya juga ilang pake apa skin care apa :) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa macem-macem xD

      sekarang aku pake hada labo ultimate whitening essence doang, tapi malam aja. selain itu aku cuci mukanya pake oatmeal dan maskeran pake bahan dapur :D keluar rumah antara jam 10 pagi dan 3 sore pake sunblock, dan kalo kulit lagi bermasalah kayak jerawat atau kering ngelupas ga pake kosmetik dulu.

      btw masing2 orang itu mesti nemuin sendiri dengan trial n errornya nyoba perawatan yg paling cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulitnya.. :D jadi perawatan yg aku sebutin belum tentu cocok sama org lain hehehe

      Hapus
  19. Hai Sist Hani.

    Sekarang ini aku lg ngalamin apa yg km alamin di tahun 2012 lalu.
    Muka aku jerawatan parah di bagian pipi. Kmrn sempet ke dokter SpKk krn udah gak tahan dengan jerawat yg gatal dan meradang.
    Salah 1 obatnya aku dikasih vitacid 0.025.
    Kebetulan krim dokter yg lainnya udh habis, dan skrg lg galau mau balik lg ke dokter tsb atau stop aja.
    Aku mau tanya, sewaktu kmu pake vitacid itu km kinsultasi ke dokter atau gak ya? Trus selama km pake vitacid, perawatan muka sehari hari yg km pake apa, kyk sabun mukanya trus krim paginya, bedaknya???
    Klo aku baca cerita km, aku pengen stop dr dokter aja tp tetep pake vitacidnya. Tp yg aku bingung aku hrs pake apa buat cuci muka dan sunblocknya. Give me advice please....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii sist resty :D salam kenal yaa

      so sorry to hear that :'( semoga cepet oke lagi ya kulitnya.

      my bad x( dulu aku pake vitacid hanya karena rekomendasi org2, tapi alhamdulillah untungnya ga kenapa2... :D makanya aku selalu wanti2 buat yang jerawatan trutama yg parah banget supaya pake resep dokter, karena who knows apa yg bakal terjadi kalo tanpa sepengawasan dokter x( at least kalo kenapa2 ada org yg kompeten yg bisa ditanyain ato dimintain pertanggungjawabannya.

      perawatan mukaku selama pake vitacid itu...
      Cuci Muka Pake Oatmeal
      oatmeal ini pembersih wajah yang ga bikin jerawat makin meradang dan bikin kulit jadi halus dan lembut. pake vitacid kan bikin kulit kering sist, jadi usahain pembersih wajahnya ga ngandung salycilic acid ato deterjen yg bikin kulit makin kering ngelupas.

      setelah beraktivitas di luar, sebelum pake oatmeal, aku juga bersihin wajah pake minyak biji anggur Minyak Biji Anggur Sebagai Make Up Remover
      minyak biji anggur ini lebih ringan dari minyak zaitun

      krim paginya aku cari yang bisa ngunci kelembaban kulit. sebelumnya aku pake holika holika aloe soothing gel (99% lidah buaya). intinya cari pelembab yg ga ngandung mineral oil ato kandungan lain yg nyumbat pori, trus jangan pake yg ada agen pencerah dan pemutihnya karena baiknya fokus ke jerawat dulu. hada labo gokujyun bisa jadi pilihan karena kandungannya bersahabat sama kulit sensitif dan acne prone. tapii sbenernya banyak banget pilihan pelembab yg bisa dipake kalo bener2 telaten nyari dan mratiin list ingredientnya.

      dulu aku suka pake bedak acnes sist, tapi makin kesini aku menghindari penggunaan bedak meski kulitku sedang ga berjerawat. karena bedak malah bikin kulit kering dan memperjelas dry patch di wajah. sekarang aku lebih sering pake sunblock aja, dan kalo mulai minyakan pake oil control film/kertas minyak. Soalnya kulitku sedang dalam kondisi terbaik (yah walau bekas jerawat dan acne scar masih bertebaran), jadi sebisa mungkin aku menghindari kosmetik dulu sampe kulitku bener2 stabil... minggu lalu aku abis alergi soalnya --" dapet pelajaran baru, kalo kulit yg sedang bermasalah sebaiknya ga pake kosmetik dulu hiks

      sunblock sih bisa apa aja sist :D kalo di indonesia, dengan warna kulit khas indonesia (kuning langsat dan sawo matang), spf 17 sudah cukup.. kalo spfnya ketinggian kayak yg spf 50 malah bikin kulit menggelap (kecuali kalo ke pantai, emg butuh spf tinggi buat ngehindarin sunburn). kalo dokter biasanya rekomendasiin parasol. sunblocknya ristra juga recommended tuh kalo dibaca2 reviewnya, soalnya cepet nyerap dan teksturnya ga lengket.

      semoga membantu :D good luck sist

      Hapus
  20. aku juga kayak gitu sisss....
    gtw ya kenapa.. rasanya males banget punya kulit jerawatan,,
    trus aku nyoba pake acnes treatment series... cuman di kulit jadi kering kerontangg :( dan masih da bekas jerawatnya,,, skrg lagi pake revlon new complexion skin care nya,.. dan txt cocok.. pengen nyoba yang the skin food tomatooo.. sepaket gitu brapa yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaat siss ^o^
      kalo beli online sepaket sekitar 600an sist :D aku brenti gegara gakuat kantong hehehehe...

      Hapus
  21. vitacid sama mediklin beda ya sist???bagusnya pake yg mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sis beda :D

      >> MEDIKLIN <<

      KOMPOSISI
      Medi-Klin®TR adalah sediaan topikal berbentuk gel, mengandung antibiotik semisintetik yaitu Clindamycin phosphate 1,2% dan Tretinoin 0,025%.

      CARA KERJA OBAT
      Tretinoin bekerja dengan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat pergantian sel. Clindamycin phosphate bekerja denga menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh P.acnes pada sebum.

      INDIKASI
      Untuk pengobatan acne vulgaris yang disertai sel inflamasi dan komedo tertutup dan terbuka.

      >> VITACID <<

      KOMPOSISI
      VITACID® CREAM mengandung Asam Vitamin A(Tretinoin) 0,025% dalam zat dasar cream.

      INDIKASI
      VITACID® CREAM ditujukan untuk pengobatan jerawat secara topikal terutama tingkat I-III dimana terdapat banyak komedo, papel dan pustula yang berat dan varitas-varitas cystic nodular (acne conglobata).

      bagusnya pake mana aku ngga tau sis :D karena mesti dipertimbangin kondisi kulit dan kebutuhan pengobatannya
      baiknya konsultasi ke dokter langsung untuk tau apakah vitacid atau mediklin yg tepat dan sesuai untuk ngobatin kulit yg bersangkutan ^o^

      Hapus
  22. iya cara ngilangin bekas jerawat n komedo gmna yah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bekas jerawat bisa pake serum yg ada brightening agentnya, rutin eksfoliasi kulit mati (at least seminggu sekali) dan maskeran. ditunjang juga sama asupan gizi (pola makan minum) supaya metabolisme tubuhnya oke. atau bisa juga minta resep ke dokter spKk ^^

      kalo buat komedo perhatiin ingredient produk yg dipake sehari-hari. jangan pake produk yg ngandung mineral oil atau kandungan lain yg berisiko nyumbat pori dan gampang bikin komedoan. selain itu tiap hari mesti double cleansing sebelum tidur agar pori-pori ga kesumbat kotoran dan sel kulit mati. rutin eksfolisasi/scrubbing. tentukan juga hari tertentu (misal sekali sebulan atau 2x sebulan) untuk ekstraksi komedo :D kalo komedonya susah dikeluarin jangan dipaksa, krn ntar kulitnya malah luka/iritasi dan ninggalin bekas noda baru di kulit >.<

      semoga membantu sist :D good luck

      Hapus
  23. Kalau menurut Kakak, penggunaan porepack itu gimana? Komedoku di hidung dan sekitarnya banyak banget, sampai ada yang jadi komedo hitam (karena dulu aku ga peduli sama mukaT.T). Tapi lama-lama kalau aku perhatiin betul-betul, kulitku yang kena porepack jadi beda, lebih kasar gitu (walau memang gak terlalu terlihat).

    Beberapa waktu yang lalu di kulit pipiku ada semacam jerawat gitu, Kak. Pas udah hilang, bekasnya warnanya putih. Ya bunder kecil gitu. Itu jerawat juga atau apa, sih, Kak? Jerawat juga? Kira-kira bisa hilang dengan apa, Kak?

    Maaf banyak tanya, ya, Kak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udh ga pake porepack lg say :( soalnya aku juga ngalamin yg namanya hidung jd lebih kasar gegara pake porepack. penyebabnya kenapa juga aku kurang tau pastinya.

      sebenernya jerawat didiemin aja juga bakal mateng dan ilang dgn sendirinya. tapi dri pada makin jadi, kalo aku pake vitacid, ditotol di jerawatnya ^^; dan sekarang lebih sering pake kayu manis buat ngeringin jerawatnya.

      :D iyaaahh gapapa, santai aja hihi

      Hapus
  24. assalamualaikum ...
    hai ^_^ lam kenal ya ....
    q mw tanya2 nih hehehehehhe tpi sebelumny mw curhat :D
    wajah q sebelumnya fine2 aj, ad sih jearawat tpi g seberapa dan itu juga biasanya hilang ^-^. selama ini q pke pelembab olay natural white tpi berhubung pemlembabnya habis dan males keluar jauh2 akhirnya q beli pelembab garnier ligh cpmplete yg sachetan, brapa hari pke biasa aj #pasti cocok nih# gtu pikir q. krna fine2 aj akhirnya q coba pke krim malam grnier yg nigh restore. nah dari situ deh mulai muncul jearawt kecil2 di pipi q :'( khiikksssss pertamnya sih di dahi tpi udh hilang, yg belom ini yg di bagian pipi.... katanya tante q wktu ngeliat wajah q, kyk di gigit semut gtu bentol2 kecil :'( :'( jdi tmbh g pede wat keluar kemana2 huhuhuhu :'( dan sekrang q udh g pke krim mlmnya.
    q udh googling kemana2 bnyk yg bilang pke vitacid berhasil termasuk di blognya mbk ini ^^ klo q pke vitacid terus pembersih muka q pke garnier pure active gmna mbk??? kira2 klo q pke milk clenaser n face tonic punyax viva yg green tea bisa juga g??
    makasih sebelumya n maaf udh curhat n bnyk tanya nantinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
      salam kenal juga :D
      maap ni telat balesnya
      sinyal modemku lagi ga bagus :(

      Pembersih apa aja sebenernya ga masalah, asal ga bikin kulit kering kesat. Ngga ngandung ingredient kayak alkohol, salycilic acid. karena pemakaian berbarengan malah bikin kulit jadi kering ngelupas (overpeel). Soalnya vitacid tu bikin kulit kering :D jadi jangan lupa juga rutin minum air putih, biar kulit ga makin kering :D

      Hapus
  25. Assalamualaikum sist.
    melanox baik tidak untuk muka berjerawat yang sudah bernanah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
      lebih baik fokus menyembuhkan jerawat dulu ^^; kalo jerawatnya udah sembuh, baru deh pake krim pencerah atau pemudar noda :D

      Hapus
  26. Mbak mau tanya....
    Cara ngilangin jerawat dan bekasnya secara alami itu pake apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki pola makan, tidur malam teratur (7-8 jam per hari untuk mempercepat proses pemulihan), banyak minum air putih (sekitar 8-10 gelas/hari), hindari stres (stres ngaruh ke liver, liver ngaruh ke kulit), minum teh hijau tanpa gula, olah raga ringan tapi rutin, makan-makanan yg ngandung vitamin c dll supaya kulit ngga kusam dan menyamarkan bekas jerawat, dan masih banyak lagi.

      perhatikan cara membersihkan wajah, rutin mengangkat sel kulit mati yang berlebih (2x seminggu, pas udah ngga jerawatan), dan jangan lupa pake tabir surya. karena sinar matahari bisa bikin bekas jerawat makin gelap, pake skin care pencerah yang aman (terdaftard bpom, ingredient produk bersahabat dgn kulit acne prone).

      intinya ngatasin jerawat dan bekasnya mesti siap ubah gaya hidup jadi lebih sehat ^^ ga cuma untuk mengatasi, tapi untuk mencegah kemungkinan jerawatan lagi

      semoga membantu >.<

      Hapus
  27. Hi sisss.. salam kenal ^^
    Btw bagus banget nih info2nya

    Sis aku baru beli day cream sm night cream dari TJE FUK , kata ibuku sih bagus buat yg jerawatan :'(
    Apa beneran bisa cerahin wajah ya ?

    6 bulan yg lalu aku sempet beli cream setan sis (cream pemutih instan) seminggu langsung kinclong. Tapi karena ada pengelupasan kulit aku jadi gak pake lagi :-(
    Eh taunya malah jerawatan gini -,-
    Makanya aku cari review yg make TJE FUK. Mudah2an bisa sembuh jerawatku dan kulit juga bisa cerah :'(
    Tq siss.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo :D salam kenal juga
      thank you :D

      bisa cerahin wajah say, judulnya aja whitening ^^; cuma emang ngga instan. di aku sekitar 2-3 bulan pemakaian baru keliatan lebih cerah.

      masalah jerawatan, coba telatenin perawatan dari dalam juga, kayak minum air putih (8-10 gelas/hari), tidur 7-8 jam sehari, olahraga ringan, teh hijau, dll.. ngebantu banget untuk memulihkan dan menyehatkan kulit.

      sebaiknya fokus nanganin jerawat dulu sis, baru cerahin :D apalagi sebelumnya sempet pake krim gajebo. jadi mesti lebih ati-ati, karena itu bukan problem jerawat biasa ^^ karena banyak yang abis pake krim gajebo, malah makin parah setelah ganti skin care (yg fokusnya buat memutihkan/mencerahkan). akhirnya ke dokter kulit deh (treatment medis), untuk nyembuhin kulit.

      good luck sistaa (^o^)9 semangaat

      Hapus
  28. Hi siiiis
    Ak jg mau curhat ni sekalian nanya2. Mukaku emang dasarnya berminyak tapi dl tak begitu bwrmasalah sampe akhirnya sebulan yg lalu saya mengalami break out gegara facial. 2 minhgu yg lalu saya ke dokter spesialis kulit dan dikasi obat minum sama acuatim. Tapi skr kok malah kek keluar semua jrewinya semuka penuh. Apakah saya skr sedang mengalami prugging??. Apakah kandungan acuatim sm dgn vitacid. Kata dokternya kalo pake acuatim itu udh sekaligus melembabkan padahal mukaku malah berminyak banget. Saya sdh kehilangan percaya diri deh pokoknya siiis hikshiks...
    Thanks ya siiiss maaf banyak nanyanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga :D

      sependek pengetahuanku, emang kayak gitu kalo nyembuhin jerawat ^^; sebagian besar produk yang bisa mengatasi jerawat emang bikin purging, ga cuma vitacid aja. selama masih di bawah pengawasan dokter sih insya Allah aman. Temenku juga dulu diresepin antibiotik oral, selain pake obat topikal (gatau merknya apa, bukan vitacid). jerawat dan bruntusannya jadi mateng berjamaah, tapi cepet sembuh.

      kalo lagi purging emang mesti sabar, jangan lupa minum air putih sesuai kebutuhan tubuh per harinya dan jaga pola makan-tidur untuk bantu mempercepat pemulihan. btw dibanding purging, yang lebih bikin makan ati itu (biasanya) ngilangin bekas jerawat ^^;

      bagus dong kalo melembabkan, soalnya sebagian besar obat jerawat itu bikin kulit kerontang hehe :D inget, minyak itu bukan kelembaban (oil is not moisture). kelenjar minyak makin kerangsang memproduksi sebum berlebih saat kulit kering.

      aku dulu males banget ngelembabin muka, karena aku pikir muka berminyak ga perlu pelembab x)) tapi ternyata bener, setelah coba rutin ngelembabin kulit dan minum air putih senggaknya 2L/hari kulit jadi ga gampang minyakan :D rutin minum teh hijau juga bantu ngontrol produksi minyak (coba googling, banyak reviewnya)

      iyaa santai ajaa :D
      good luck

      Hapus
  29. Sis nanya dong. Kalo ngilangin bekas jerawat yang merah kecil2 kayak di foto itu jadi terbaik nya pake apa ya? (Besides atur pola makan, cuci muka, dll)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngilangin bekasnya pake produk pencerah dan buat ngatasin merah2nya aku maskeran pake oatmeal :D

      Hapus
  30. hai mabak mau nanya,mediklin itu bikin purging atau gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf aku kurang tau, mediklin itu macem2 :)
      tapi kalo yg dimaksud adalah mediklin tr yg ngandung tretinoin, emang biasanya bikin purging

      Hapus
  31. Sist kalo melanox itu cuman bisa ngilangin bekas jrawat aja ya??
    soalnya aq baru pkek 5 hari.. jerawat q malah makin2..
    iya sih tujuan aq makek melanox itu untuk ngilangin bekas.. tp nggak tau klo bakalan ngefek ke jerawat lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sis, melanox itu cuma buat flek atau noda bekas jerawat. digunakan setelah jerawatnya udah bener-bener sembuh ^^

      Hapus
  32. Mau tanya donk... kamu pake vitacid berapa lama sampe bs bersih gitu dan boleh di kombine pake serum vit .c ga sih?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 1,5-2 bulan ^^ untuk boleh ato ngganya dicombine dengan serum vit c sebaiknya konsultasikan dengan dokter yg ngeresepin vitacid

      Hapus
  33. Aq pkek melanox premium.. trus jerawt q malah makin jadi..
    Apa mungkin melanox itu cuman buat bekas jerawat aja ya?? Klo utk jrawat nggak bisa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sista ^^ udah aku bales lho sebelumnya
      kalo buat jerawat emang harusnya fokus pake produk buat ngatasin jerawatnya,
      kalo udh bersih dari jerawat, baru pake skin care pencerah :D
      melanox premium emang buat mencerahan sis, bukan untuk jerawat ^^

      Hapus
  34. hai ka :) aku alfin dari bandung :D mau curhat dong :) *mamah dede kali ah :D hehe
    gini ya ka waktu aku kelas 1 smp kulit wajah ku tuh mulus banget,nah pas kelas 2smp udah mulai nih jerawat kecil kecil, nah pas mau naik kelas 3 smp aku kena cacar nah kan udah sembuh tuh tapi ada bekasnya gtu ada bopeng bopeng tapi sedikit ko, nah dari habis cacar itu jadi pada tumbuh jerawat gede gede tapi ga bnyak bgt sih satu dua lah, nah terus aku facial ke salon tapi hasilnya gtu gtu aja, terus skrng jadi nambah bnyak di pipi di kening sama di dagu, aku perawatan paling kalau cuci muka pake sabun lemon kelly cream nya pake fear&lovely, udah kesel nih ka ga ada perubahan terus, sampe sekarang aku udah kelas 2 smk masih belum kinclong juga :( sumpah minder bgt lah ka sama temen temen :'( aku pengen nyobain pake vitacid, tapi takut ga cocok, itu cream nya bisa ngempesin jerawat sama ngilangin bekasnya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo haloo :D
      maaf baru bales

      facial itu rada gambling, ga semua orang cocok say :D

      jerawat di dahi, dagu, pipi itu bisa karena stres, pola tidur berantakan, makan makanan yg ga sehat, gangguan sistem pencernaan, kurang bersih bersihin mukanya, dan ketidakseimbangan hormon. jadi, saranku sebaiknya kamu ga melulu terpaku dengan "bagusnya pake produk apa?", tapi fokus menyehatkan tubuh secara keseluruhan. karena kulit sebenernya bisa jadi gambaran kondisi internal tubuh kita. kalo udah kayak gini (jerawat menahun), mau ngga mau mesti perbaiki pola hidup sesehat mungkin. btw, aku kasih tau gini, karena kulitku juga bermasalah karena gaya hidupku yg ga sehat.

      Ngga perlu perubahan drastis, mulai lakukan yg menurut kamu paling gampang tapi usahakan rutin dan konsisten. Misalnya kayak minum air putih senggaknya 2 liter per hari (8-10 gelas/hari), olah raga seminggu sekali, banyak makan sayur dan buah, jam 10 malam udah tidur (tidur malam 7-8 jam), menghindari asap rokok, cari mood booster yg bikin kamu hepi supaya terhindar dari stres. Cari tau juga makanan yang bagus buat detoksifikasi, yang paling gampang didapet dan reviewnya bagus-bagus adalah minum teh hijau tanpa gula (at least sehari segelas). hasilnya emang ngga instan, tapi recommended ^^

      kalo mo coba pake vitacid, sebaiknya pake resep dokter :D creamnya bukan ngempesin jerawat tapi ngeboost regenerasi kulit, jadi ntar jerawat kamu dikeluarin semua hehehe. kalo bekas jerawat yg ga dalem (pigmentasi/noda) biasanya bisa ilang, tapi bekas yg dalam kayak bopeng itu (sependek pengetahuanku) perlu treatment kayak chemical peeling, laser, dll dari dokter spKk.

      semangaat (^o^)9 good luck

      Hapus
  35. kaka ak mau iktan curhat ya... :D
    ak dh lama bgt brshbt mgkn ma jrwt krna g ilang2... prnh k dktr sempet ilang tp ak brhntiin jrwatan lg, biaya dktr kan mhal beli ini itu klo beli trus g nyukupin kantong, trus nyba yg lain2 tp g ngefek.. prnh nyba k dktr lg tp mlah yg ada nmbah bekas trus msh jrwatn jg.. pas nyetop mlah jd bruntusan gt.. ak brhnti lg deh.. skrg ak pke ibt herbal so**n, tp br smgg msh bruntusan mana kluar jrwat gedhe bgt brnanah jg.. ini efek ntar ilang ato emanx g cck ya ka? ak dh malu bgt ma muka jerewwii ini :'( ato lgsg ja pndh nyba vitacid? mhon pncerahanya ya ka :D mksh :

    BalasHapus
  36. kaka ak mau iktan curhat dong...
    ak dh lama bgt brshbt mgkn ma jrwt krna g ilang2... prnh k dktr sempet ilang tp ak brhntiin jrwatan lg, biaya dktr kan mhal beli ini itu klo beli trus g nyukupin kantong, trus nyba yg lain2 tp g ngefek.. prnh nyba k dktr lg tp mlah yg ada nmbah bekas trus msh jrwatn jg.. pas nyetop mlah jd bruntusan gt.. ak brhnti lg deh.. skrg ak pke ibt herbal so**n, tp br smgg msh bruntusan mana kluar jrwat gedhe bgt brnanah jg.. ini efek ntar ilang ato emanx g cck ya ka? ak dh malu bgt ma muka jerewwii ini :'( apalagi muka ak tu tipe berminyak bgt, kena hawa pans dikit lgsg minyakan smpe bsa buat pnggrengan kalii..
    ato ak lgsg ja pndh nyba vitacid? mhon pncerahanya ya ka :D mksh :)

    BalasHapus
  37. kaka ak mau iktan curhat dong...
    ak dh lama bgt brshbt mgkn ma jrwt krna g ilang2... prnh k dktr sempet ilang tp ak brhntiin jrwatan lg, biaya dktr kan mhal beli ini itu klo beli trus g nyukupin kantong, trus nyba yg lain2 tp g ngefek.. prnh nyba k dktr lg tp mlah yg ada nmbah bekas trus msh jrwatn jg.. pas nyetop mlah jd bruntusan gt.. ak brhnti lg deh.. skrg ak pke ibt herbal so**n, tp br smgg msh bruntusan mana kluar jrwat gedhe bgt brnanah jg.. ini efek ntar ilang ato emanx g cck ya ka? ak dh malu bgt ma muka jerewwii ini :'( apalagi wjhku itu tipe brmnyak bgt kaya pnggrngan.. tiap kena hwa pns dkit pst lgsg brmnyk kusam, g seger pkoknya kaa.. :(
    ato lgsg ja pndh nyba vitacid?
    owh ya klo buat klit brmnyak gini sabun muka yg cck apa ya ka? ak tkut nyb2 lg, klo g cck jerewii kmna2.. :(
    mhon pncerahanya ya ka :D mksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :D maaf baru bales
      coba perbaiki pola hidup kamu jadi lebih sehat, karena nyembuhin jerawat itu ngga cuma sekedar "bagusnya ngobatin pake apa?". karena jerawat itu bisa jadi cerminan kondisi internal tubuh, gaya hidup, dan lingkungan kita. udah sering dibahas juga di komen2 yang lain ^^

      aduh aku ngga punya wewenang buat bilang pake vitacid ato ngga sayang :D
      minta resep retinoic acid/vitacid dari dokter aja ^^

      banyak kok sabun wajah untuk kulit oily yang recommended. hanya saja yang perlu diperhatikan adalah ingredientnya dan cara membersihkan wajahnya udah tepat atau belum, begitu :D

      sekali lagi maaf banget ya telat bales
      semoga membantu ^^;

      Hapus
  38. Normal gak sih kalau aku gak jerawatan??? umurku baru 15 tahun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya karena hormon puber atau karena ngga bersih

      Hapus
  39. baik nggak buat kulit sensitif ? buat perawatan wajah aku masih pakai cara aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya sis? :D
      iyaaa, kalo udah cocok, udah ditelatenin aja ^^
      biasanya kulit wajah bermasalah krn gonta ganti skin care huhu

      Hapus
  40. untk bkas jerawat bagus pake vitacid apa melanox
    apakah melanox bisa mnghilankan bekas jerawat
    mhon info'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bekas jerawat berupa noda atau flek bagusan pake melanox :D baiknya pake resep dokter

      Hapus
  41. haiii Saya melda, salam kenal tinggal di bandung, lagi ngalamin jerawat parah, sedih banget...
    Tahun lalu mulai jerawatan karena ikuti terapi alergi dingin, dikasih sabun ke seluruh badan termasuk muka, ehhh malah jerawatan batu...
    Jadi saya ke dokter, 6 bulan jerawat sembuh tapi muka bopeng dan merah kayak kepiting rebus...
    Coba ke klinik kecantikan buat hilangin bopeng, udah 3 kali treatment PRP eh malah jerawatan lagi, jadi stop deh sama dokter...
    2 bulan stop malah jerawatan batu.
    Sekarang udah 6 minggu berobat lagi ke dokter SPKK bandung, jerawat batu tambah banyak, komedo juga, minggu ke 3 di facial malah timbul jerawat batu, 3 hari yang lalu di suruh peeling, muka panas, merah dan kulitnya mulai ngelupas, kemrin ad 3 jerawat batu yang baru,,, sedih bangeeettt, tiap ngaca pasti mau nangis sampe ga pd buat keluar rumah...
    ini saya sudah 6 minggu berobat, tapi belum ada pogres yang positif artinya apa ya dok, tidak cocok atau proses penyembuhan? tolong advisenya donk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Melda, terima kasih atas kepercayaannya sharing di blog ini, tapi maaf, saya bukan dokter dan bukan kompetensi saya untuk mendiagnosis masalah kulit yang sis Melda alami. Coba konsultasikan langsung ke dokter yang memberikan treatment.

      Maaf ngga membantu :( saya cuma bisa doain dari jauh *big hug*
      Semangat ya, proses nyembuhin kulit emang butuh kesabaran dan ketelatenan. coba cek gaya hidup, asupan gizi, pola tidur, tingkat stres, dan lainnya. karena memperbaiki pola hidup jadi lebih sehat juga membantu proses pemulihan kulit.

      semoga lekas sembuh dan kinclong kulitnya, amin amin amin :') :*

      Hapus
  42. Haii slm knl hanitis...
    Klu q sih mo tuker pngalaman,,sblmnya sih muka aq gk prnh jerawatan tp krn muka ku tipe berminyak ngalah2in kilang minyak hh,,jd mslh kulity so pst pori2 besar sm komedo,,tp gk jerawatan
    Sblmnya sih krn dl uang saku terbatas jd cuma merk dagang yg sanggup dibelii,,tp allhamdulilah gk ad mslh tuh sm muka,mslhnya cuma kurang bersyukurr hehe..
    mulai bs cr duit sendiri mulai smua hal dicoba dr yg mahal smpe murah..dan bs ditebak mukaku jerawat parahh sampe bernanah,,jgn dtny skincare yg ddtngi,4 skincare yg kudtngi dan semua terkenal,, hasilny ad yg tmbh parah n ad yg bertahan sbntar,,q sih gk nyalahin skincarenya smua brgantung dr cocok gk nya kulit qt,kesabaran,pengetahuan,dll..
    Aq sih udah hampirr 4 thn brtahan dg problematika jerawat n hampir smua mslh teman2 diatas prnh kualami(kebayang kn klu diceritaiin satu2 ceritany gkkn slsi 1 hr 1 mlm,,hhh)
    Skg sih aq pake cream dr spesiaslis dikotaku,,tp kupikir brpa lama aq mesti ketergantungan dg cream dr??
    Menurutku cream yg paling aman adl cream merk dagang yg di tv2 krn pst melewati pemeriksaan yg benar2 pnjg baik dr bpom dll (yaiyalah mky dia berani iklan di tv)..
    Nahh ini aq mau bagi tips,,kondisi mukaq skg jerawatnya msh tumbuh satu2..jerawatnya sih gk brtahan lama tp bekas n scar nya sampe skg,,dan yg utama mukaq skg jd tmbh sensitif,,stlh kupikir2 n akhirnya otakku jln hhh,,mukaq kyky lg lelah deh n spt tubuh qt yg butuh vitamin muka jg,,jd aq pikir serum lah yg bs memberi nutrisi kemuka n aq menjatuhkn pilihan pake probio c dulu sih aq prnh pake tp krn dl mukaq gk ad mslh n gk beri efek putih (krn sifatny mencerahkn n melembabkan)yg instan mky ku stopp hee...
    Skg pas mukaq lg bermslh kyk ini aq benar2 merasakan manffaatnya,,bopeng2 bekas jerawatku perlahan hilang,scarnya gk lg dalem krn kan serum vit c merangsang kolagen jd kulit baru qt gampang tumbuh,mukaq kenyall,lembab,pori2 lbh ringkas pokoknya lbh sehat deh,,,sebulan aq pake(habis sebotol serum) aq br berani hentiikan cream dokter krn q merasa kulitku sehat lg n gk tll sensitif lg(kecuali bedak kocoknya yg mengandung sulfur) kuganti merk dagangg,,allhamdulilah malah mukaq skg lbh bgs drpd pake cream dokter yeyyy...
    Skg jd aq pake utk mlm pake probio c,ponds dewy rose gel,,siangnya probio c,ponds dewy rose,bedak kocok sulfur(satu2ny dari dr kulit yg tersisa,,hh)bedak tabur wardah acne..cuci mukanya aq pake sabun cussons bayi wrna kuning krn mgandung tree tea oil,scrub wardah utk acne 2 hr sekalii..
    Dan emg kunci utk merawat muka adl kesabaran..moga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banyak sis udah berkenan sharing di blog ini :D
      salam kenal ya...
      senang kalo kulitnya udah membaik *hug hug hug*

      kalo aku, selain mesti strict milih produk, yang paling ngefek adalah makanan dan hormon ^^;
      jadi kalo udh salah makan, pms, ato stres.. udah deh ^^;
      tapi alhamdulillah setelah berobat udah much much better lah sekarang
      meski menggunakan skin care over the counter kayak hada labo dan gizi
      aku juga disaranin dokter buat minum suplemen omega 3 buat maintain kesehatan kulit

      bener sis ^^b kudu sabar dan telaten
      sekali lagi terima kasih banyak udah sharing :D sangat bermanfaat

      Hapus
  43. salam kenal,
    kak pemakaian parasol boleh gak dengan kosmetik lain seperti pelembaba dan fondation?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :D
      boleh kok, tapi kalo kulit sedang bermasalah baiknya pake kosmetik yg ringan dan bersahabat di kulit, dioles tipis-tipis, dan telaten bersihinnya (supaya ngga memperparah kondisi kulit)

      Hapus
  44. hai kakak, salam kenal..
    kak usiaku 18,5th,, saya pny masalah dg wajah sy yaitu beberapa bekas jerawat di pipi kanan & kiri yg menghitam dan telihat seperti flek.Aku ga pernah jerawatan, ini karena dulu 5bln yg lalu aku pakai cream racikan apoteker,, emang bagus bikin putih kenyal ihh bagus bangett,, tapi ga lama kemudian waktu mens timbul jendol2 jerawat memerah matang hiii seremmm,,, sampe malu aku di SMA kak.. Terus aku coba beli sabun dr merk acne, ponds, theraskin, baby pink, dll sampe salep2 yang di jual di apotikpun malah semakin menjadi.. Teruss aku nyoba pakai biosoft 1,5bln yg lalu produk dr bandung tu sembuh jerawat ga nonggol lagi cuma muncul waktu mau mens gitu 1-2 jeriwitt,,, biosoft kayanya jg hanya cream kiloan abal2 tp aku yakin aja sm Allah kalo jerawat bisa hilang,, Dg modal nekatt dan keyakinan kalo jerawatku akan hilang atas ijin Allah... Ahhhh Alhamdulilah.... hilanggg jugaa dehhh,,,,

    Tapiii....tapiii,,,,,, tapiiii,,,, ... :'(
    Ada yang buat ku masih sedih,,,, bekas jerawat tak kunjung hilang,,, aku sudah pkai produk dr wardah nekat langsung pake day & night cream step 2, lightening gentel wash, sama serum acne dr PT. Agrindomega jakarta.. emang sih wajah kenyal cerah baru aja ini make 3minggu.. tp ttep aja bekas ga ilang2... teruss kalo waku mens kemarin jerawat yg nonggol jg cuma 1,, tp 2hari dah kempesss pecah dan kering,,,, tp jd bekasss,,,, kalo pakai obat dr apotik kira2 pakai yg apa yaa mbak?? aku bingung niiii..... apalagi bentar lagi UNAS ,,,, waahhhh faktor capek stress banyak pikiran juga kali yaaa ni jeriit ga ilanggg hihiiii..... mohon bantuannya ya mbak buat ngilangin bekasnya niii.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaghfirullah T.T Hai Erna, salam kenal juga ya, so sorry baru balas, ketumpuk, karena lagi banyak komen yang masuk.

      aduh sayang, jangan stres :D
      stres itu ngefek lho ke kulit hehehe

      hmm.. kalo soal bekas jerawat ya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. coba ntar kamu cek dan evaluasi rangkaian perawatan kulit kamu :D

      1. Pentingnya penggunaan tabir surya. Supaya bekas jerawat ngga makin gelap karena pigmentasi (makin gelap, makin lama pudarnya). Pemakaian tabir surya penting di jam 10 pagi hingga 3 sore.

      2. Eksfoliasi sel kulit mati. Bisa dengan scrub wajah, peeling cream, atau gel (jika dirasa scrub wajah terlalu harsh buat kulit). Pengangkatan sel kulit mati ini penting untuk memastikan regenerasi kulit berjalan sebagaimana mestinya ^^ bekas jerawat juga jadi lebih cepet pudarnya jika dilakukan rutin (cukup 1-2x seminggu).

      3. Masker dengan agen pencerah jika dirasa perlu. Kalau kamu ngga alergi madu, bisa coba menggunakan masker madu. Madu bagus buat kulit acne prone dan membantu memudarkan bekas jerawat.

      4. Obat di apotik yang dari dulu sampe sekarang masih jadi andalan orang-orang buat mengatasi noda bekas jerawat dan flek adalah melanox. Ditotol tipis di spot setiap malam (jangan pagi, apalagi siang). Ingat, ini obat, jadi bukan untuk pemakaian jangka panjang, hanya sampe spotnya keliatan pudar. Melanox 2% hidrokuinon masih mungkin dibeli tanpa resep dokter, yang 4% kayaknya kudu beli pake resep. Baca baik-baik pentunjuk pemakaiannya. Krim ini hanya digunakan saat jerawat bener-bener kering, bukan dipakai di kulit yg masih jerawatan.

      5. Saranku mending ditelatenin aja serumnya selagi aman dan cocok ^^ bekas jerawat emang relatif lama ilangnya. Usahain belajar manajemen stres juga say :D

      Waa mau UNAS ya? Good luck, semoga sukses!! aamiin aamiin aamiin
      have a nice day ya :D

      Hapus
  45. Blognya bagus, setiap yang berkomentar dibalas. salut deh, moga makin sukses ngeblognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga semua juga, kadang ada komen yg udh kepublish tapi luput dibales T.T
      sama-sama gan, blog agan lebih rapi...
      mohon masukannya juga, moga makin sukses juga blognya agan :D

      Hapus
  46. Salam kenal. Jadi aku ga sendiri ternyata hiks hiks...aku juga jerawatan mba tapi munculnya sebulan sekali kalo mau menjelang haid aja. Awalnya klo muncul jerawat lepas haid bekasnya hilang, skrg klo habis haid bekas jerawatnya ga hilang, kebayangkan tamu bulanan dateng tiap hari dan muka jadi banyak bekas jerawat terutama di bagian pipi n dahi. Aku juga latah sih ikut2an temen, pake rangkaian wardah lightening series ga ngaruh, ponds apalagi ga ngarug, gonta ganti mulu bekas jerawat bukan hilang malah adem ayem di muka. Aku sampe nyerah T.T hiks.. btw mba kalo pake vitacid tuh untuk kulit berjerawat (yg masih jerawatan) or untuk yg bekas jerawat? Maksudku bekas jerawat bisa hilang ga klo pake vitacid? Mhn reply-nya mba thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga T.T maaf banget baru bales
      Ganti skin care sebenernya aman-aman aja (kalo kulit ngga bermasalah),, kalo keseringan emang biasanya malah micu masalah baru.

      retinoic acid itu umumnya untuk nyembuhin kulit yg sedang bermasalah/berjerawat,, kalo bekas kurang ngefek. biasanya pake krim/salep obat lain :D

      Hapus
  47. hallo kak, namaku Lia. salam kenal ya.
    aku juga ngalamin stressnya jerawatan, sampai akhirnya aku nemuin blog kakak, terus dari situ aku pake vitacid.
    tapi kak, aku mau tanya nih. vitacid bisa ngilangin bekas jerawat nggak? ato kakak pake apa biar ngilangin bekasnya?
    maaf ya bnyak tanya, trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lia :D salam kenal juga ya
      Kalo selama pemakaian jerawatnya ngga diutak-atik, biasanya ngga ninggalin bekas jerawat. Tapi, buat memudarkan bekas jerawat yang sudah ada sebelum pemakaian vitacid kurang ampuh.

      Biasanya kalo udah kelar ngobatin, aku pake serum dan maskeran, tapi kalo lg gregetan liat bekas jerawat, bekasnya aku pudarin pake obat juga... kalo udh mulai pudar, baru kemudian pake skin care seperti biasa :D

      Iya santai aja :D

      Hapus
  48. Hai ka salam kenal ya..
    AKu baru 15 thn, punya byk jerawat kecil2 di jidat.. banyak juga yg bilang klo vitacid bgs buat jerawat, yaudh aku coba yg kadar 0,025. malem pertama make cmn diolesin di bagian jidatnya aja eh besoknya langsung byk yg bilang ktnya jerawat aku udh mendingan drpd dulu .. bbrp hari kemudian dijidat saya ada jerawat merah cukup gede cuman 1 doang sih .. mnrt kk itu purging atau aku g cocok pake vitacidnya? Trus juga jerawat kecil2 aku yg blm ilang pd muncul biji nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :D salam kenal juga ya... kalau dari cerita kamu emang sepertinya itu proses purging ^_^ untuk lebih jelasnya coba konsultasikan ke dokter aja. Semoga cepet sembuh jerawatnya aamiin aamiin aamiin.

      Hapus
  49. bermanfaat banget!,thanks kak :)

    BalasHapus
  50. aku korban salah satu krim abal nih yg bikin muka putih kaya porselen dalam wkt singkat dan jenggggg jerawat bermunculan semuka rata. pernah ke dokter selama 2 tahunan yaaa sembuh sih jerawatnya. tp bukan sembuh deng cuma mendem didalem kulit biar jerawat ga naik ke permukaan. akhirnya aku mutusin untuk berenti udah 2 taun ini dan memutuskan untuk pake vitacid... yaAllah purgingnya gak nahan bikin sakit hati, keadaan muka jd kaya abis pake krim abal dulu, jerawat semuka:( tp karena menyembuhkan jerawat butuh kesabaran dan kasih sayang aku yakin aku bisa ngadepin purging ini dan menguras semua jerawat yang udah mendem di dalem kulit selama bertahun-tahun. thankyou mba hanitis yang selalu menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Gita ^_^ untuk membantu proses pemulihan, coba sambil jaga makan-minum-tidur dan perbaiki gaya hidup jadi lebih sehat pelan-pelan. Memang hubungannya ngga langsung ke kulit, tapi efeknya terasa. Disabar-sabarin aja emg kalo lg purging. Kalo kondisi kulit memburuk tanpa ada progres, konsultasi ke dokter ya :)

      Alhamdulillah, sama-sama...

      Hapus

Selain melalui kotak komentar, bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. Also, please kindly check "Frequently Asked Questions" (FAQ tab on menu bar) before asking. Thank you! ^^