Kulit Putih = Cantik (?)

Banyak cewek yang nelangsa karena statement itu. Kulit putih = cantik. Saking pengennya punya kulit putih, segala skin care whitening tanpa mempedulikan keamanan produk pun dicoba. Dari yang efeknya lama, sampe ke "perubahan dapat terlihat dalam 7 hari", bahkan ada juga yang "perubahan dapat dilihat hanya dalam satu kali pemakaian".

Media dan masyarakat ngebentuk opini bahwa yang putih itu cantik, yang coklat-sawo matang itu dekil. Liat aja iklan di tipi-tipi, cewe yang kulitnya coklat ngga dilirik, tapi setelah make produk tertentu (secara ajaib) langsung ditaksir sama cowo-cowo :|

Kulit Putih = Cantik?

Banyak orang yang mencoba produk skin care tertentu, tapi berhenti dengan alasan ga bikin putih (uhuuukk, aku juga dulu gitu kok haha). Kalo warna kulit aslinya ngga putih, kenapa ngotot pengen putih? :'(




"Bang, tolong kulitku juga dicat sekalian" [sumber]

Nah... obsesi pengen kulit putih dengan cepat itu menjadi berbahaya ketika segala cara dilakoni, misalnya dengan menggunakan skin care berbahaya. Akhir-akhir ini, marak krim pemutih bermerkuri. Dijual mulai harga 10ribuan sampe 800ribuan. Gila kan?

Krim-krim pemutih yang ngga jelas dan ditengarai berbahaya itu dikenal dengan sebutan krim kiloan, krim walet, krim 99, krim racikan, krim dokter palsu/abal-abal/bohongan, krim tabita, dll dll (sumber dari sini)

Oke, kulit emang bisa kinclong, putih, mengkilap. Dalam seminggu muka udah keliatan beda banget. Yayalah, nemplokin merkuri gitu bikin kulit tergerus, dan keliatan putih.... tapi ngga sehat.

Ciri-ciri krim yang bahaya gimana?
1. Nomor BPOM palsu atau malah ngga ada
2. Ingredient ngga jelas (whitening, tapi ngga ada whitening agent-nya)
3. Efeknya instan banget >.<
4. Warna krim mencolok (putih pearly-mengkilap, kuning gonjreng, ijo, oranye)
5. Wangi menyengat
6. Produsennya ngga jelas
7. Krim biasanya lengket
8. Krim tidak homogen, kadang ada lapisan minyaknya.

Apa sih bahaya krim bermerkuri?
Merkuri (Hg/raksa) yang dioleskan pada kulit akan bereaksi dengan sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit dini. Karena struktur kulit dan produksi melanin terganggu, maka kulit rentan terkena kanker. Merkuri juga dapat merusak secara permanen organ saraf, ginjal, liver (hati), dan lain-lain. Jika pengguna dalam keadaan hamil, janin dapat mengalami gangguan berupa kerusakan otak dan kecacatan lainnya. (sumber dari sini)

Krim bermerkuri juga dapat diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh, yaitu:
1. Pusing,
2. Disorientasi ruang,
3. Mual-mual,
4. Tremor (gemetar),
5. Susah Tidur,
6. Gangguan Penglihatan,
7. Gangguan Emosi,
8. Depresi,
9. Serta Lupa (pikun)

Tuuh.. Masih mau pake krim berbahaya? T.T Hiks. Ngolesin krim bermerkuri di muka sama aja dengan nyiksa kulit dan diri kita sendiri. Jadi, teman-teman, sodara-sodara, ibu-ibu, tante-tante.... Muka kita cuma satu ini, jadi harus aware dengan apa aja yang kita taro di muka. Jangan sampe bikin cantik, tapi berbahaya. Masih banyak produk skin care yang aman, udah dikenal bagus, dan yang penting terdaftar BPOM. Sebut saja L'OREAL, Biokos, Olay, Ponds, Garnier, Wardah, Clinique, SK-II, Oriflame, The Body Shop, daaaan lain-lain.

Oh iya, rata-rata produk dengan judul whitening pun ngga serta merta memutihkan kulit jadi seperti artis-artis korea guys (kecuali dasarnya kulit kamu emang putih) :D Untuk warna kulit khas orang Indonesia (kuning langsat dan sawo matang), efeknya lebih ke mencerahkan dan meratakan warna wajah. 

Ngga ada skin care yang bisa membuat kulit wajah nyaris sempurna hanya dalam sekali-dua kali pemakaian. Semuanya butuh proses dan ngga instan. Ngurus wajah itu mesti sabar dan telaten. Mesti rutin eksfoliasi, maskeran, massage, dan sebagainya biar kulit tetep sehat dan ngga kusam. Kulit yang cantik itu ngga semata-mata tentang putih. Kalo kulit udah bersih dan sehat, bakal keliatan glowing dengan sendirinya :D
Daripada pusing-pusing pengen putih, mending mupuk rasa cinta ke fisik kita *duileee* Karena kalo kita udah cinta, kita jadi lebih care dengan keamanan produk yang kita gunakan. So, love your skin, and your skin will love you back :* #halah.

Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan :D
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon