Mengenal Stress : Pengertian, Gejala, & Sumbernya

Aduh, stres banget!
Ni bos di kantor malah bikin stres!
Maaf, rada emosi... Lagi stres berat soalnya, jadi gampang kepancing.

Omongan seperti itu sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.
Siapa sih yang ngga pernah mengalami stress?

Tidak hanya orang dewasa lho... anak kecil, bayi, ikan, bahkan rumput yang bergoyang(?) juga bisa mengalami stress. Tapi yang ini bahas stress pada manusia aja ya :))


Apa itu stress?
Stress adalah tekanan atau tuntutan pada organisme untuk beradaptasi atau menyelaraskan diri dengan lingkungannya. Stress dapat memberikan efek fisik maupun psikis, serta membuat perasaan menjadi positif atau negatif.

Dengan kata lain, individu dihadapkan pada suatu kondisi tertentu yang menekan dan menuntut adanya respon penyesuaian diri. Respon tersebut dapat terjadi pada level fisiologis, emosional, kognitif, maupun perilaku.

Bagaimana stress bisa mempengaruhi tubuh?
Dalam keadaan stress, hormon epinephrine (adrenalin) dan norepinephrine (noradrenalin) dapat mempengaruhi tubuh dengan hasil yang dramatis.

Beberapa gejala fisik pada orang yang mengalami stress antara lain:
  • Rambut mengalami kerontokan;
  • Stress memicu sulit tidur, sakit kepala, migrain; 
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut membuat seseorang yang mengalami stress rentan terhadap penyakit umum seperti demam dan flu; serta meningkatkan risiko berkembangnya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler, seperti jantung koroner, stroke, hipertensi; 
  • Pupil mata melebar;
  • Air liur berkurang; 
  • Kulit pucat, kusam. Juga ditemukan kasus eksim (peradangan yang menyebabkan pembentukan lepuh) dan psoriasis (penyakit yang ditandai dengan sisik berlapis berwarna keperakan, disertai penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih); 
  • Keringat berlebih; 
  • Jantung berdegup cepat; 
  • Napas terganggu; 
  • Otot terasa tegang; 
  • Sering ingin buang air kecil; 
  • Gangguan lambung, dan lain-lain.
  
Bagaimana gejala psikologis orang yang ngalamin stress?
Di antaranya merasa gelisah, galau, resah, mengalami kebingungan, sulit berkonsentrasi, sulit mengambil keputusan, produktivitas menurun, perasaan ngga enak, merasa kewalahan, mudah tersinggung, merasa cemas, menurunnya ingatan jangka pendek, dan lain-lain. 

Tingkah laku orang yang lagi stress kayak apa ya?
Ngomongnya cepat (terburu-buru), menggigit kuku, menggoyang-goyangkan kaki, gemetaran, nafsu makan berubah (bisa berkurang, bisa nambah banyak juga porsinya), dan lain-lain.

Sumber stress itu dari mana saja?
  • Dari dalam diri. Stress akan muncul bila seseorang mengalami konflik. Konflik merupakan sumber utama stress. Misalnya ni benci tapi rindu. 
  • Di dalam keluarga. Stress dapat bersumber dari interaksi antaranggota keluarga, seperti perselisihan dalam masalah keuangan, kehadiran anggota keluarga baru, dan lain-lain. 
  • Di dalam komunitas dan lingkungan. Interaksi seseorang di luar lingkungan keluarga melengkapi sumber-sumber stress, misalnya pengalaman stress anak di sekolah. Sedangkan beberapa pengalaman stress orang tua bersumber dari lingkungan kerjanya. Sumber stres dari lingkungan fisik, seperti kebisingan, suhu, dan lain-lain.

Untuk sudut pandang mengenai hubungan stress dan penyakit, kenapa reaksi tiap orang bisa berbeda menyikapi stressor, serta pengelolaan stress akan dibahas di Artikel Penyebab dan Pengelolaan Stress.

Postingan ini dari makalah psikologi abnormalku dulu. Berikut daftar pustakanya, bagi yang membutuhkan....

Fauziah, Fitri. 2007. Psikologi Abnormal Klinis Dewasa. Jakarta: UI Press.
Nevid, Jeffrey S., dkk. 2005. Psikologi Abnormal. Edisi lima. Jilid1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading and have a nice day.

Blogging since 2011 // Twenty-something, but not quite grown up // Over-thinker // Acne-proner // Minguk admirer // Addicted to mineral water // Contact : haihanitisblog@gmail.com

Share this

Related Posts

First

Bisa juga kirim email ke haihanitisblog@gmail.com atau direct message instagram @haihanitis. EmoticonEmoticon